Sabtu, 18 Maret 2017

Segudang Manfaat Sempurna Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan - Daun Sirih nyatanya memiliki banyak faedah untuk dunia kesehatan oleh sebab itu sirih dapat digolongkan sebagai tanaman obat-obatan. Sirih adalah satu diantara tumbuhan hijau dengan batang yang merambat dengan bentuk daun mirip gambar hati. Tanaman ini banyak tumbuh dengan subur didaerah dengan iklim tropis sebagaimana indonesia. Awal mulanya orang indonesia memakai daun sirih sebagai pinaan (pencuci mulut) yakni budaya mengonsumsi daun sirih dengan kombinasi gambir, pinang serta kapur.

Daun sirih ini kaya kandungan minyak atsiri serta sebagian kandungan lain yang memiliki manfaat semasing untuk kesehatan. Kandungan daun sirih dapat juga dijadikan sebagai bahan anti-oksidan serta fungisida. Tersebut adalah sebagian kandungan komplit dari daun sirih sebagaimana Minyak atsiri, Minyak Terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak serta kaviko yang mempunyai ketahanan pada bakteri serta kuman.

Berikut Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui :


1. Menyingkirkan bau badan
Kandungan atsirinya berperan membunuh kuman penyebab bau badan, caranya anda dapat rebus beberapa helai daun sirih lalu minum airnya dengan cara teratur.

2. Menyembuhkan Mata Merah Lantaran Iritasi 
Mata merah lantaran iritasi di sebagian peluang begitu susah dijauhi. Bila kita takut memakai obat-obatan kimiawi yang belum terpercaya, langkah alami yang dapat dikerjakan yaitu memakai daun sirih lantaran manfaat daun sirih untuk mata telah dapat dibuktikan baik. (baca juga : Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami)
Pertama, sediakan sekitaran 20 lembar daun sirih atau cocokkan dengan keperluan. Masukan daun sirih itu bersama air kedalam panci lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu, saring air rebusan itu dari daun yang telah di rebus serta pakai air untuk mengompres mata. Celupkan handuk bersih ke air daun sirih serta tempelkan sesekali ke mata yang merah.

3. Kurangi Keputihan Pada Wanita 
Keputihan bukanlah permasalahan yang jarang berlangsung pada wanita serta nyaris semuanya wanita sempat juga merasakannya. Sebelum langsung coba obat-obatan ataupun sabun kimiawi yang mungkin kurang pas untuk miss v anda, coba perawatan memakai daun sirih ini lebih dulu lantaran faedah daun sirih merah untuk miss v begitu efisien. Karakter antibakteri dari daun sirih bakal membunuh bakteri Candida yang bertindak dalam mengakibatkan keputihan. (Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan)
Sediakan 5 hingga dengan 10 lembar daun sirih, rebus semua lembar daun sirih merah itu kedalam sekitaran 250 ml air. Tunggulah hingga mendidih. Bila telah mendidih, saring air rebusan dari daun yang sudah terebus serta pakai air itu selepas agak dingin untuk mencuci daerah miss v. Ditanggung keputihan bakal hilang cuma dalam beberapa hari saja.

4. Mencegah Kanker serta Tumor
Manfaat daun sirih untuk kanker serta tumor yang sudah dapat dibuktikan yaitu tingkatkan kekebalan tubuh seseorang dengan baik. Senyawa anti-oksidan yang terdapat dalam daun sirih merah bakal menjadikan tubuh seseorang kebal dari beragam penyakit berat, dibantu juga dengan terpenoid serta flavonoid. (baca juga : Gejala Kanker Serviks)

5. Obat Mimisan 
Bila anda mempunyai suadara yang masih kecil atau anak sendiri kerap mimisan, sebaiknya mulai kini menanam daun sirih merah di ruang halaman tempat tinggal. Daun sirih merah memiliki kandungan terpen juga fenil popada yang dapat menolong menyumbat darah yang keluar ketika sang anak mimisan.
Caranya ambil saja 1 hingga 2 lembar daun sirih, 1 lembar untuk 1 lubang hidung yang mimisan. Gulung daun sirih merah itu serta masukan kedalam lubang hidung yang tengah keluarkan darah.

6. Melindungi kesehatan jantung 
Daun ini dapat juga menolong kesehatan jantung. Beberapa senyawa yang terdapat pada daun ini mempunyai karakter kardiotik yang artinya bisa merangsang denyut jantung.

7. Menyembuhkan Maag serta Radang Lambung 
Apabila anda satu diantara yang mempunyai penyakit maag atau radang lambung yang berbentuk kambuh-kambuhan, anda bisa memperhitungkan untuk konsumsi daun ini sebagai alternatif untuk menolong menyembuhkan penyakit lambung yang anda derita.

8. Meredakan batuk berdahak 
Daun ini mempunyai kandungan sebagai agen ekspektoran yang pastinya bisa menolong anda dalam keluarkan dahak yang terjerat didalam saluran pernafasan ketika anda diserang batuk berdahak. Lainnya itu juga, karakter antiseptik dari daun itu juga bisa juga bersihkan saluran pernafasan dari bakteri yang bersarang. (baca juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak  Secara Alami)

9. Memperlancar pencernaan 
Mengkonsumsi daun ini tak cuma bisa menolong melindungi kesehatan mulut, tetapi dapat juga menolong kelancaran pencernaan tubuh anda. Daun sirih mempunyai kekuatan untuk merangsang air liur yang memiliki kandungan enzim pencernaan serta enzim lipase untuk menolong memecah serta menghancurkan makanan dengan efisien.

10. Sebagai anti-bakteri 
Menurut sebagian pakar, kandungan minyak esensial atau sterol yang ada pada daun sirih bisa membunuh bakteri dengan cara ampuh. Sebagian besar bakteri itu yang kerap mengakibatkan infeksi pada kulit serta saluran pernafasan, sebagaimana S. aureus, S. Pyogenes, C. Albicans, serta T. Mentagrophytes.

Demikianlah Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Semoga bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan anda.

4 komentar:

  1. walaupun manfaatnya banyak tapi saya belum sempet nyoba gan

    BalasHapus
  2. wah. ini ibuku pernah pake daun sirih buat mata. biar cerah gitu trus enak dimata. betul banget ni artikelnya.

    BalasHapus
  3. Wah ilmu yang bermanfaat baru tau daun sirih ampe banyak gitu. Makasih ka ilmu nya

    BalasHapus
  4. Yang saya tahu itu daun bisa buat obat mimisan ternyata manfaatnya banyak juga yah...

    BalasHapus